Minggu, 24 Agustus 2014

Menuju Marisa Diantar Kehangatan Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS.com - Kompas Jelajah Sepeda Manado-Makassar bertolak dari Kota Gorontalo ke Marisa, Jumat (22/8/2014), dengan jarak tempuh 165 kilometer. Setelah menikmati sambutan menyenangkan di Gorontalo, pesepeda pun dilepas dengan kehangatan yang kental terasa.

"Sebuah kehormatan bagi pemerintah Provinsi Gorontalo, seluruh rakyat menyambut gembira kedatangan tim jelajah jelajah sepeda walau tidak sampai 24 jam di sini," kata Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa. Ia juga berharap rombongan jelajah sepeda dapat mengenalkan Gorontalo ke masyarakat luas.

Sambutan hangat di wilayah ini dirasakan kental oleh para pesepeda. Beberapa peserta jelajah sempat pula ikut senam sehat bersama warga dan jajaran pemerintah daerah. Rombongan juga disambut sejumlah komunitas sepeda yang ada di Gorontalo.

Etape kelima

Pada etape kelima, pesepeda akan menempuh jarak paling jauh dibanding etape lainnya yaitu sekitar 165 kilometer. Diperkirakan para pesepeda akan kembali seharian gowes untuk tiba di Marisa pada awal malam.

Jalur yang dilalui tak jauh berbeda dengan etape sebelumnya, yaitu tanjakan dan rolling. Pesepeda akan menanjak hingga 400 meter di atas permukaan laut dan kembali menurun hingga ketinggian 10 meter di atas permukaan laut. Setelah itukembali para pesepeda akan berhadapan dengan jalur rolling berelevasi 200 mdpl dan 75 mdpl.

Keberangkatan jelajah sepeda menuju Marisa dilepas Winarni dari halaman rumah dinas Gubernur Gorontalo. Hingga jarak 5 kilometer dari titik keberangkatan, rombongan jelajah pun dikawal mobil pemerintah daerah Gorontalo.

Tak hanya mengiringi para pesepeda, mobil tersebut mengumumkan pula lewat pengeras suara tentang kehadiran para pesepeda yang melintas di Kota Gorontalo. "Bapak-bapak, ibu-ibu warga Gorontalo yang kami cintai, saat ini melintas pesepeda sehat Provinsi Gorontalo bersama Kompas Jelajah Sepeda Manado-Makassar."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar