Minggu, 24 Agustus 2014

Aktivitas gempa tinggi, Gunung Slamet masih himpun energi

Merdeka.com - Aktivitas Gunung Slamet yang berada di perbatasan lima kabupaten di Jawa Tengah, hingga kini masih cukup tinggi. Bahkan, dari pengamatan yang dilakukan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tercatat adanya gempa tremor.

Menurut Kepala Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, Surono, terekamnya gempa tremor dan gempa lainnya dalam beberapa hari terakhir menunjukkan aktivitas Gunung Slamet dalam mengumpulkan energi. "Tremor dan gempa merupakan cara gunung berapi menghimpun energi," katanya saat dihubungi wartawan, Minggu (24/8).

Dari data pengamatan PVMBG di Pos Pengamatan Gunung Slamet di Desa Gambuhan Kecamatan Pulosari Pemalang Jawa Tengah, mulai pukul 00.00 WIB-06.00 WIB, kondisi Gunung Slamet cukup terang. Teramati adanya embusan asap putih dengan ketinggian antara 50-500 meter, selain itu terlihat 19 kali sinar api berketinggian 50-500 meter dan juga lontaran material sebanyak 56 kali berketinggian 50-400 meter dari puncak.

Tak hanya itu, terdengar juga 31 kali gemuruh dan tiga kali suara dentuman. Sedangkan dari sisi kegempaan, terrekam getaran gempa tremor terus menerus. Kemudian pada pengamatan antara pukul 06.00-12.00 WIB, teramati embusan asap putih tipis berketinggian antara 200-800 meter dan terdengar sekali gemuruh dari arah gunung. Selain itu, gempa tremor terjadi selama lebih dari satu jam, mulai pukul 06.03 WIB-07.45 WIB serta 90 kali gempa embusan.

Meski begitu, status Gunung Slamet masih dinyatakan Siaga. Sementara itu, dari Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja Purbalingga dilaporkan sempat terdengar letusan sekitar pukul 09.00 WIB. "Selama pagi ini ada dua kali terdengar dentuman dari arah Gunung Slamet. Tadi pagi sekitar pukul 04.00 WIB dan ada lava pijarnya. Tetapi amsyarakat masih beraktivitas seperti biasa," ujar petugas SAR Desa Kutabawa, Slamet Hardiansyah saat dihubungi, Minggu (24/8).

Sementara itu, sepanjang Minggu siang, dari pengamatan Pos AJU di Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng Banyumas Jawa Tengah, terdengar sekali dentuman sekitar pukul 10.30 WIB. Sementara itu, cuaca cerah berawan sehingga tidak terlihat puncak Gunung Slamet dari lereng selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar