Rabu, 02 Oktober 2013

PENYAKIT KULIT PADA MANUSIA



Ada beberapa macam penyakit kulit pada manusia, berikut ini adalah jenis penyakit kulit dan penyebabnya :
• Eksim (Ekzema),
Gejalanya ditandai dengan kulit kemerah-merahan, pecah-pecah, terasa gatal terutama pada malam hari, timbul gelembung kecil berisi nanah/air, dan terasa gatal dan panas . Terjadi karena alergi terhadap zat kimia tertentu atau makanan seperti udang. Alkohol atau vetsin .
• Kudis ( Skabies ),
ditandai dengan gejala gatal hebat di malam hari terutama di sela-sela jari, ketiak, pinggang, alat kelamin dan sekeliling siku . Penyakit ini terjadi karena kurangnya kebersihan pada orang terkena penyakit tersebut .
• Bisul ( Furunkel )
Terjadi karena infeksi bakteri Stafilokokus aureus pada kulit melalui folikwl rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringat, yang kemudian menimbulkan infeksi lokal . Faktor yang sangat mendorong manusia terkenal bisul adalah Kebersihan yang buruk .
• Kusta
adalah penyakit infeksi kronis yang disebabkan oleh mycobacterium lepra yang interseluler obligat, yang pertama menyerang saraf tepi, selanjutnya dapat menyerang kulit, mukosa mulut, saluran nafas bagian atas . Gejalanya adalah kulit bercak putih atau kemerahan, penebalan dalam saraf tepi di sertai kelainan berupa mata rasa dan kelemahan pada otot tangan, kaki, dan mata .
• Cacar air ( Frambusla )
Penyebab penyakit uni disebabkan oleh sejenis virus bakteri Trypanosoma. Penyakit ini sangata menular melalui udara . Gejalanya kuli berbintil-bintil .
• Panu atau Panau
adalah penyakit kylit yang disebabkan oleh jamur, dan ditandai dengan bengkak yang terdapat pada kulit yang disertai rasa gatal pada saat berkeringat, dan bercak-bercak ini berwarna putih, coklat, merah, tergantung pada warna kulit si penderita .kecil berisi nanah/air, dan terasa gatal dan panas .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar